SASARAN PEMBELAJARAN :

1. Menjelaskan tanggungjawab perusahaan kepada : Pelanggan, Pekerja, Pemegang saham, dan

Kreditor, Lingkungan dan masyarakat.

2. Menjelaskan biaya-biaya yang perusahaan yang dikeluarkan untuk pencapaian

3. Tanggung jawab sosialnya.

 

P E N D A H U L U A N

 

Ibarat sebuah mobil, laju mobil penting untuk dapat mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan.

Mobil melaju karena injakkan pedal gas pengemudinya dan berhenti kerena injakan pedal rem. Injakan

pedal gas mobil diperlukan agar mobil dapat melaju dan injakan pedal rem diperlukan agar mobil

melaju dengan selamat.

Begitu pula sebuah perusahaan bergerak karena beraksinya sumber daya manusia bersama-sama

sumberdaya yang lain. Agar aksi manajemen perusahaan berjalan selamat perlu memperhatikan etika

bisnis dan tanggung jawab sosial.

Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan

pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan

komunitas atau masyarakat.

Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat

kemajuan perusahaan.

 

FIRMA  DAN  MASYARAKATAN  ALASAN  ATAS KODE  ETIK

 

1. Meningkatkan kepercayaan publik pada bisnis.

2. Berkurangnya potensial regulasi pemerintah yang dikeluarkan sebagai aktivitas kontrol.

3. Menyediakan pegangan untuk dapat diterima sebagai pedoman.

4. Menyediakan tanggungjawab atas prilaku yang tak ber-etika.

 

PERTIMBANGAN  TANGGUNG  JAWAB  SOSIAL

 

1. Pelanggan (Customers)

2. Pekerja (Employees)

3. Pemegang saham (Stockholders)

4. Kreditur (Creditors)

5. Masyarakat (Communities)

 

TANGGUNG  JAWAB  SOSIAL  KEPADA  PELANGGAN

( SOCIAL  RESPON  BILITY  TO CUSTOMERS )

 

1. Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :

Tetapkan kode etika.

Monitor keluhan pelanggan.

Memperoleh umpan balik pelanggan

2. Bagaimana memastikan tanggungjawab Pemerintah :

Peraturan Keamanan Produk.

Peraturan Periklanan.

Peraturan Persaingan Industri.

 

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A P E K E R J A

( S O C I A L R E S P O N B I L I T Y T O E M P L O Y E E S )

 

1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)

Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.

2. Perlakuan pekerja

Memastikan tidak ada diskriminasi.

3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity)

Kesamaan Kesempatan/Hak sipil

4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :

Keluhan Prosedur.

Kode etik.

UU Ketenaga kerjaan

 

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A K R E D I T O R

( S O C I A L R E S P O N S I B I L I T Y T O C R E D I T O R S )

 

1. Kewajiban Keuangan.

2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA L I N G K U N G A N

( SOCIAL RESPONSIBILITY T O THEENVIRONMENT )

 

1. Pencegahan polusi udara:

Peninjauan kembali proses produksi.

Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah

2. Pencegahan polusi daratan:

Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.

Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan

 

 

 

 

T A N G G U N G J A W A B S O S I A L K E P A D A M A S Y A R A K A T

 ( S O C I A L R E S P O N S I B I L I T Y T O C O M M U N I T Y )

 

1. Sponsori peristiwa masyarakat lokal.

2. Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.